Lawatan Sejarah Pameran Temporer Pusaka Banten, Membangun Karakter Nasionalisme Siswa

Serang – Siswa SMAN 2 Pandeglang melakukan lawatan sejarah di Taman Budaya dan Museum Banten. Kegiatan ini pun sebagai bentuk membangun karakter nasionalisme terhadap siswa.

Kegiatan lawatan sejarah ini bertema Pameran Temporer Pusaka Banten yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya dan Museum Dindik Provinsi Banten, Selasa, (21/9/2021), di Ruang Pemutaran Film UPTD Taman Budaya dan Museum, Pendodopo Ex Gubernur Banten.

Dalam kegiatan ini, salah satu siswa SMAN 2 Pandeglang Nurul Oktavia yang ikut dalam lawatan sejarah mengatakan bahwa Pameran Temporer Pusaka Banten ini memberikan suatu wawasan terhadap pemahaman kehidupan masa lalu dengan dibuktikan peninggalan-peninggalan yang dipamerkan.

“Lawatan sejarah ini memberikan suatu wawasan pengetahuan yang terjadi dimasa lalu, bagaimana kondisi kehidupannya, barang-barang yang digunakan dimasa lalu, semuanya ada.” kata Nurul Oktavia.

Tak hanya itu, Rizik Alaudin pun menambahkan bahwa pameran ini bentuk pendidikan yang tidak bisa didapatkan oleh siswa lainnya, karena jita diberikan pemahaman sejarah melalui bukti sejarah pada zamannya, bahkan ini bisa menumbuhkan rasa nasionalisme melalui peninggalan-peninggalan sejarah kontemporer di lokal Banten.

“Kegiatan hari ini sangat bermanfaat bagi wawasan pendidikan kita, selain itu kita diajak untuk traveling menikmati keindahan seni koleksi-koleksi peninggalan masa lalu di museum ini. Bahkan kegiatan ini bisa menumbuhkan rasa nasionalisme diri kita untuk membangun generasi selanjutnya sebagai refleksi kehidupan masa lalu yang ada di Banten,” ucap Rizik

Kemudian saat dikonfirmasi oleh tim samakta bicara, pihak UPTD Taman Budaya dan Museum Ifat mengatakan bahwa kegiatan Pameran Temporer Pusaka Banten sebagai bentuk untuk menciptakan karakter siswa melalui pameran sejarah, bahkan siswa diharapkan lebih mencintai Indonesia khususnya Banten. Karena hari ini, banyak yang lupa akan terhadap budaya bangsa sendiri.

“Saya mengucapkan apresiasi kepada siswa SMAN 2 Pandeglang yang sudah hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan pameran tersebut, bukti bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi semuanya” Ujar UPTD Taman Budaya dan Museum Banten, Ifat.

(Zka/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *