Dibantu Alumni Klausa, SMA Negeri 2 Pandeglang Targetkan 50% Lolos Perguruan Tinggi

Pandeglang – Keluarga Alumni Samakta (Klausa) SMA Negeri 2 Pandeglang memberikan gambaran kepada siswa khususnya siswa kelas XII yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi supaya siswa bisa lolos Perguruan Tinggi yang diinginkan.

Dalam hal ini, Pembina Klausa Bu Neli Fori Karliana mengatakan Kegiatan Klausa Spektra ini adalah program yang biasa dilaksanakan untuk membantu siswa masuk dan lolos Perugruan Tinggi, hal ini dibutuhkan mentor yang memiliki kunci pengalaman lolos Perguruan Tinggi, saat dihubungi tim samaktaberbicara, Jumat, (6/8/21).

Bahkan siswa diberikan bekal oleh alumni untuk berbagi pengalaman pengetahuan yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri sesuai PTN yang diinginkan, bukan hanya dibidang pengetahuan pendidikan melainkan ada pula di bidang wirausaha, siswa yang mau berwirausaha diberikan motivasi, cara untuk berwirausaha dengan mencapai kesuksesan.

“kegiatan Klausa Spektra ini sebagai bentuk berbagi pengetahuan dan pengalaman antara alumni dengan siswa yang masih aktif belajar, ini menunjukkan bentuk motivasi kepada siswa agar terus mencapai kesuksesan yang dicita-citakan.” ucapnya Neli, di SMA Negeri 2 Pandeglang.

Kemudian Neli pun menjelaskan alumni klausa memberikan pencerahan agar lolos Perguruan Tinggi, akhirnya dibentuk satu kelompok belajar samakta yang biasa disebut dengan (kejar samakta) yang dimentori oleh alumni.

“Semua pembelajaran yang diberikan tim mentor kejar samakta ini sesuai dengan disiplin ilmu bidangnya masing-masing, ini memberikan pengaruh dampak positif, selain ada gambaran masuk Perguruan Tinggi ada juga soal-soal yang akan dihadapi dalam test nanti.” katanya

Selanjutnya Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Pandeglang, Dade Supriatna mendukung kolaborasi yang dilakukan SMA Negeri 2 Pandeglang dengan alumni Klausa sebagai penghubung mengantarkan siswa untuk masuk Perguruan Tinggi.

“Kolaborasi Klausa dengan sekolah memiliki targetan tersendiri, bagaimana mengantarkan siswa untuk masuk Perguruan Tinggi, disisi lain Kepala Sekolah mendukung sekali kegiatan tersebut untuk ditingkatkan.” ungkap Kepsek SMAN 2 Pandeglang, Dade Supriatna, saat dihubungi tim samaktaberbicara, via whatsapp.

Dade pun mengungkapkan program Klausa Spektra ini selalu berdampingan dengan SMA Negeri 2 Pandeglang, menjadi mitra untuk mendukung ketercapaian program sekolah dalam mengantarkan siswa lolos Perguruan Tinggi.

“Targetan tersebut dijawantahkan dalam program kurikulum sekolah jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.” ujarnya

Dalam hal ini, sebagai pimpinan Kepsek di SMA Negeri 2 Pandeglang Dade memberikan target siswa untuk masuk Perguruan Tinggi tiap tahunnya, bahkan setiap tahunnya semakin meningkat. Misalnya dijangka panjang 3 tahun kedepan, 50% target siswa masuk Perguruan Tinggi, artinya kita sudah mulai mengarah kesana, sesuai target yang ditetapkan kurikulum sekolah.

“Target sebagai eksistensi SMA Negeri 2 Pandeglang harus terus ditingkatkan, apalagi tahun ini semakin meningkat dari tahun sebelumnya, bahkan kita sudah mempersiapkan jangka panjang 3 tahun kedepan, target 50% siswa masuk Perguruan Tinggi, kita sudah arahkan kesana, melalui kurikulum sekolah, apalagi kita sekolah penggerak, ini benar-benar kita rencanakan” tulis Kepsek Dade Supriatna

Dengan demikian, sebagai Pembina Klausa Neli pun berharap dengan ada kegiatan Klausa Spektra tahun ini, agar siswa diberikan pemahaman sepaham-pahamnya untuk bisa membuka wawasan tentang Perguruan Tinggi.

“ini saya tekankan kepada panitia untuk memberikan pemahaman yang benar kepada siswa yang mau melanjutkan Perguruan Tinggi, karena banyak infonya siswa banyak mencari info-info sendiri seperti itu, dan mengompa motivasi pembelajaran siswa yang menurun, mungkin karena pandemi covid 19, tolong dimotivasi.” tegas Pembina Klausa Neli Fori Karliana. (zak/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *