Literasi Digital: Kebutuhan Pembelajaran di Sekolah

Pandeglang – Pentingnya mempelajari literasi digital di lingkungan sekolah, hal ini mendorong guru untuk mendukung Program Sekolah Penggerak sebagai pionir revolusi pendidikan di Indonesia.

“keberadaan gawai dalam aktivitas sehari-hari di era teknologi saat ini tidak dapat dihindarkan, dan hampir tidak mungkin dijauhkan. Ditambah lagi dengan keberadaan internet yang mampu menjelajah dunia maya tanpa batas.” kata Yuli Yulianti, sebagai narasumber IHT, Kamis, (29/7/2021), dalam paparannya di SMAN 2 Pandeglang.

Menurut Yuli, pelatihan hari ini, dengan materi literasi digital sebagai dasar dari program In House Training untuk memberikan pemahaman pentingnya literasi digital sekolah yang sekarang menjadi kebutuhan semuanya.

“Dengan memanfaatkan literasi digital tersebut, SMA Negeri 2 Pandeglang melaksanakan pelatihan memberikan pemahaman pentingnya literasi digital sekolah yang sekarang menjadi kebutuhan semuanya. Pelatihan literasi digital merupakan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi berbasis internet.” ucap Yuli.

Kemudian, Yuli melanjutkan Pelatihan literasi digital tersebut sebagai bentuk memberikan pemahaman agar tidak terjadi penyebaran hoax di dunia pendidikan,bahkan sebagai media pembelajaran baru dalam perubahan teknologi di era disrupsi, kegiatan ini yang berlangsung di Audio Visual, SMA Negeri 2 Pandeglang.

“Sesuai dengan tema literasi digital, SMAN 2 Pandeglang juga memanfaatkan teknologi dengan memproduksi konten positif dalam proses pembelajaran nanti, yang bisa berguna bagi banyak orang. Dengan memanfaatkan literasi digital, belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja”, jelas Yuli

Ia pun menegaskan Literasi Digital ini diselenggarakan di hari ke 7 Pelatihan IHT Program Sekolah Penggerak, kegiatan tersebut digelar untuk menumbuhkan lebih banyak lagi guru yang aktif dalam memanfaatkan konten positif dan membantu pembelajaran. Selain itu, Program Sekolah Penggerak (PSP) SMAN 2 Pandeglang diharapkan dapat mendorong literasi digital di sekolah secara luas.

“Literasi digital penting bagi kita karena tingkat literasi siswa Indonesia tentang digital belum baik, karena digital ini cepat datangnya sementara kita tidak mempersiapkan diri,” katanya

(zak/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *